JAKARTA - Seiring masuknya dana asing (hot money) mengakibatkan indeks harga saham gabungan (IHSG) mengalami penguatan hingga lebih dari dua persen. Alhasil, kurs rupiah juga terangkat menguat.

Seperti dikutip dari Bank Indonesia (BI), Senin (5/4/2010), rupiah menguat ke posisi Rp9.055 per USD, dari perdagangan sebelumnya yang berada di kisaran Rp9.075 per USD. Sementara itu, data dari yahoofinance menunjukan rupiah menguat ke level Rp9.062 per USD dengan kisaran perdagangan Rp9.050-Rp9.070 per USD.

Seperti dikutip dari Valbury Securities, minat terhadap aset-aset berisiko meningkat, terhitung sejak EU-Summit, rilis positif sejumlah data ekonomi global dan meredanya sentimen negatif. Di mana mata uang ber-yield tinggi relatif rebound dari tekanan di minggu sebelumnya, diikuti dengan naiknya harga komoditas seperti minyak dan emas.

Sementara dolar mengalami lonjakan signifikan atas yen ke level terbaiknya selama tujuh bulan, di 94,69 akhir minggu kemarin. Rilis positif data non-farm payroll AS mendorong akselerasi kenaikan dolar atas yen tersebut, yang awalnya dipicu oleh perkiraan pasar terhadap langkah kenaikan suku bunga BoJ yang belum akan dilakukan tahun ini.

Selain itu, mulai antusiasnya para investor Jepang untuk menanamkan modalnya di aset-aset berisiko di pasar global di awal tahun fiskal Jepang, juga memicu penguatan dolar atas yen.

Harga minyak naik dan bertahan di atas level USD85 per barel. Harga emas rebound signifikan hingga USD1.127.75 per troy ounce di minggu lalu sebelum ditutup di USD1.120 di akhir minggu.

Rilis positif non-farm payroll Maret AS, terutama di sektor manufaktur, yang mencapai level tertingginya selama dua tahun akhir pekan lalu lalu, memberikan sentimen positif terhadap USD, dan berpotensi melanjutkan penguatan bursa saham Asia di awal minggu ini.

Adapun jika concern defisit Eropa serta isu pesimis dari politik dan ekonomi Inggris berkembang kembali, maka akan memberikan support USD terhadap mata uang utama dunia. Skenario ini akan menghambat penguatan harga komoditas kembali.

sumber:http://economy.okezone.com/read/2010/04/05/278/319446/ikuti-ihsg-rupiah-turut-menguat

Senin, 05 April 2010 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "rupiah makin lama menguat"

Write a comment