ANALISIS KESEHATAN BANK DENGAN METODE CAMELS PADA BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk.
"(yaumil zsa zsa, 21207412, 3eb01)"


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang berfungsi sebagai perantara dalam menyalurkan dana dari pihak yang kelebihan dan (surplus) kepada pihak yang membutuhkan dan kekurangan dana (unit defisit) jadi bank merupakan lembaga intermediary atau perantara penyalur dana.
Dalam era globalisasi saat ini, masyarakat pasti menginginkan suatu cara yang tepat dalam menyimpan dananya. Masyarakat memerlukan suatu tempat yang aman dan nyaman serta terpercaya sebagai suatu pemecahan masalah dalam menentukan dimanakah mereka akan menyimpan uangnya. Bank merupakan suatu tempat yang merupakan alternative pilihan masyarakat dalam menyimpan uangnya karena bank merupakan tempat yang aman dan terpercaya sebagai lembaga yang menyediakan fasilitas yang memadai dalam pengelolaan dan penempatan dana.
Saat ini bank-bank pada umumnya berupaya untuk menarik minat masyarakat dengan cara membuat produk-produk perbankan serta iming-iming hadiah bagi masyarakat jika mereka menjadi nasabah bank tersebut. Oleh karena itu, diperlukan factor ‘kepercayaan’ dari masyarakat, karena banyaknya bank yang dilikuidasi membuat masyarakat harus cermat dalam memilih bank yang akan dijadikan tempat untuk menyimpan uang karena tingkat kesehatan bank merupakan factor utama para nasabah.
Untuk mengetahui tingkat kesehatan bank dapat dilihat dari laporan keuangan yang dibuat secara periodic oleh bank tersebut. Agar laporan keuangan tersebut dapat bermanfaat, maka diperlukan suatu analisis terlebih dahulu. Analisis yang digunakan adalah dengan metode CAMELS.
Capital, Assets, Management, earnings, likuiditas, and Sensitivity to Market Risk merupakan tolak ukur yang digunakan untuk menentukan tingkat kesehatan bank. Capital merupakan penilaian yang didasarkan pada permodalan yang dimiliki bank. Assets adalah penilaian yang didasarkan pada kualitas aktiva yang dimiliki bank. Management adalah penilaian yang didasarkan pada manajemen likuiditas, manajemen aktiva, manajemen permodalan, dan manajemen umum. Earnings adalah penilaian yang didasarkan pada kemampuan bank dalam menghasilkan laba. Likuiditas adalah kemapuan bank untuk memenuhi kewajibannya dan Sensitivity to Market Risk adalah kemampuan suatu bank dalam menilai sensitivitas resiko pasar.
Setelah mengamati masalah yang diatas dan didasari oleh pertimbangan yang cukup matang, maka dalam penulisan ilmiah ini penulis mengambil judul “ANALISIS KESEHATAN BANK DENGAN METODE CAMELS PADA BANK RAKYAT INDONESIA, Tbk.”

1.2 Rumusan Masalah

Masalah yang akan dibahas dalam penulisan ilmiah ini adalah bagaimana tingkat kesehatan bank yang diukur menggunakan metode CAMELS yang meliputi penilaian berdasarkan Capital (modal), Assets (Aktiva), Management, Earnings (rentabilitas), Likuiditas, dan Sensitivity to Market Risk (sensitivitas pada resiko pasar) pada Bank Rakyat Indonesia, Tbk
1.3 Batasan Masalah

Untuk mendapatkan arah pembatasan yang lebih baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan, maka penulis membatasi hal ini dengan menggunakan analisa CAMELS yang meliputi Capital (permodalan), Assets (kualitas aktiva produktif), Management, Earnings (rentabilitas), Likuiditas dan Sensitivity to market risk (sensitivitas terhadap rasio pasar) dengan menggunkan laporan keuangan pada Bank Rakyat Indonesia, Tbk dari tahun 2006-2008

1.4 Tujuan Penelitian

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan pada Bank Rakyat Indonesia dengan melihatnya dari segi Capital (permodalan), Assets (kualitas Aktiva Produktif), Management, Earnings (rentabilitas), Likuiditas, dan Sensitivity to Market Risk (Sensitivitas terhadap Resiko Pasar)

1.5 Manfaat Penelitian

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat, yaitu :
a. Bagi penulis
Untuk mengetahui seberapa jauh ilmu yang diperoleh selama perkuliahan berlangsung dan seberapa jauh penulis dapat memecahkan suatu permasalahan.
b. Bagi perusahaan
Untuk memberikan masukan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih baik dalam pengelolaan dan efektivitas kinerja Bank yang bersangkutan
c. Bagi pihak lain
Sebagai bahan acuan bagi penulis lainnya dalam melakukan penelitian berkaitan dengan tingkat kesehatan bank dengan metode CAMELS

1.6 Metode Penelitian
1.6.1 Objek Penelitian
Penulis mengambil objek penelitian terhadap Bank Rakyat Indonesia, Tbk dalam menganalisis tingkat kesehatan bank menggunakan metode CAMELS.
1.6.2 Data/Variabel
Dalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan Bank Rakyat Indonesia, Tbk yang terdiri dari :
1. Laporan Neraca
2. Laporan Laba-Rugi
3. Perhitungan Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM)
4. Kualitas Aktiva Produktif
Variable yang digunakan adalah Capital (permodalan), Assets (kualitas aktiva produktif), Management, Earnings (rentabilitas), Likuiditas, dan Sensitivity to Market Risk (sensitivitas terhadap Resiko pasar)
1.6.3 Metode Pengumpulan Data/Variabel
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan data sekunder dalam upaya pengumpulan data dan penulis memperoleh data dari berbagai sumber, diantaranya adalah :
1. Dari literature yang berkaitan dengan penulisan ilmiah ini.
2. Data yang bersumber dari media internet melalui situs resmi Bank yang bersangkutan dan terdiri dari :
a. Data kuantitatif
Yaitu data yang dinyatakan dengan angka-angka yang berasal dari laporan keuangan bank yang bersangkutan berupa neraca, laporan laba rugi, laporan penhitungan penyediaan modal minimum, dan kualitas aktiva produktif pada Bank Rakyat Indonesia, Tbk.
Hasil analisis tersebut dapat digunakan sebagai pedoman dalam menganalisis tingkat kesehatan bank dengan menggunakan metode CAMELS pada Bank Rakyat Indonesia, Tbk
b. Data kualitatif
yaitu data yang tidak dinyatakan dengan angka tetapi berupa keterangan yang dapat memberikan gambaran yang berkaitan dengan penulisan ilmiah ini diantaranya adalah sejarah singkat dan visi misi.
1.6.3 Alat Analisis Yang Digunakan
Dalam penulisan ilmiah ini, penulis menggunakan alat analisis kualitatif,yaitu :
1. CAR (Capital Adequacy Ratio)
2. Assets
3. Management
4. Earnings
5. Likuiditas
6. Sensitivity to Market Risk (sensitivitas terhadap resiko pasar)

Selasa, 13 April 2010 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "tugas bahasa Indonesia"

Write a comment