JAKARTA - Bank Indonesia (BI) menyatakan bila pertumbuhan ekonomi Indonesia dapat mencapai 5,5-6,0 persen pada 2010 dan meningkat menjadi 6,0-6,5 persen pada 2011.

Diungkapkan Deputi Gubernur BI Hartadi A Sarwono, dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (11/3/2010), dengan demikian prospek ekonomi Indonesia akan lebih baik dari perkiraan semula.

“Di samping tetap kuatnya permintaan domestik, perbaikan terutama bersumber dari sisi eksternal sejalan dengan pemulihan ekonomi global, seperti terlihat dari ekspor yang mencatat pertumbuhan positif sejak triwulan IV-2009 yang lalu,” tambahnya.

Selain itu, pemulihan ekonomi global sangat jelas terlihat dari berbagai indikator ekonomi baik di negara maju (Amerika Serikat dan Jepang) maupun di kawasan Asia (China dan India).

Adapun di AS, pemulihan tercermin pada pengeluaran konsumsi masyarakat yang terus menguat dan dibarengi peningkatan respons di sisi produksi. Sementara di Jepang, ditandai oleh pertumbuhan positif pada triwulan terakhir 2009.

Sementara di China dan India, indikasi pemulihan ekonomi lebih jelas terlihat sebagaimana tercermin pada laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Berbagai perbaikan tersebut memberikan dampak positif bagi negara-negara yang menjadi mitra dagangnya, termasuk Indonesia.
Sumber :
http://economy.okezone.com/

Kamis, 11 Maret 2010 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "BI: Pertumbuhan Ekonomi RI Bisa Capai 6% di 2010"

Write a comment